Link Belajar Gratis untuk temani kamu melawan virus corona

6 Link Belajar Gratis, Temani Kamu Liburan Dirumah

Spread the love

Pmitebo.or.id, Story – Dalam upaya pencegahan Virus Corona atau yang dikenal Covid-19 di beberapa daerah menetapkan untuk meliburkan proses belajar mengajar. Disamping itu, social distance juga harus diterapkan dengan tetap tinggal dan beraktivitas dirumah. Tentunya ini akan menimbulkan rasa jenuh. Untuk kamu yang tidak ingin tertinggal dengan materi pembelajaran disekolah, kita akan bagikan 6 Link Belajar Gratis yang bisa temani kamu selama liburan dirumah.

Dalam upaya melawan penyebaran virus corona dan memperhatikan keberlangsungan proses belajar – mengajar, beberapa platform memberikan akses untuk pembelajaran secara gratis. Link belajar gratis dapat kamu akses langsung dengan menggunakan gadget kalian ya.

1. Rumah Belajar Kemendikbud (https://belajar.kemdikbud.go.id)

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android Rumah Belajar. Tentunya, Rumah Belajar Kemendikbud memiliki beberapa fitur unggulan yang akan memanjakan kalian nih. Fitur unggulan ini dapat diakses oleh tenaga pendidik maupun kalian peserta didik, di antaranya yaitu Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal. Akses Rumah Belajar.

2. Ruangguru (https://ruangguru.onelink.me/blPk/efe72b2e)

Nah, tidak lupa ruangguru juga menyediakan proses pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat. Tidak ubahnya seperti layaknya kita belajar seperti biasa disekolah. Program ini telah dimulai sejak Senin, 16 Maret 2020. Siswa atau siswi dapat mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru secara Gratis dari pukul 08.00 – 12.00 WIB loh.

Disamping itu, vendor telah menyediakan 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai kurikulum nasional. Meteri terdiri dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), tentunya profram ini akan dipandu Master Teachers Ruangguru. Jangan lupa akses link nya ya.

3. Sekolahmu (https://www.sekolah.mu/tanpabatas)

Tahukah kamu? Bahwa Radinka Qiera, Direktur Sekolahmu juga telah menyelenggarakan berbagai pembelajaran kelas. Disamping itu, juga terdapat pembelajaran mengenai karier dengan berkolaborasi bersama ratusan sekolah dan organisasi.

Pembelajaran secara daring ini dapat diakses bagi guru, murid, bahkan para orang tua sebagai wujud untuk sama – sama melawan Virus Corona. Program-program yang disediakan Sekolah.mu telah dirancang dengan sangat baik. Para perancang terdiri dari tim akademik yang berpengalaman dalam pembelajaran berbasis kompetensi.

4. Zenius (https://zenius.net/belajar-mandiri)

Sementara itu, CEO Zenius pun tidak ketinggalan, Rohan Monga menyatakan platformnya akan ikut turut berperan dalam membantu siswa mempersiapkan UN dan UTBK.

Nah, disini kamu tidak perlu khawatir dan takut kalau belajar mandiri kamu tidak terukur dan terarah. Melalui platform Zenius, telah merumuskan cara terbaik untuk membantu anak belajar mandiri di rumah. Tentunya dengan cara yang efektif dan efisien, terarah dan terukur.

5. Quipper School (https://quipper.com/id/school/teachers/)

Quipper School memberikan kemudahan bagi Guru dan sekolah. Kenapa? Karena Guru dapat memberikan tugas dan ujian sekaligus memonitor hasil kerja siswa selama dirumah. Didalamnya juga terdapat video, modul, dan kumpulan soal ujian nasional (UN) dan ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Disamping itu, terdapat juga kumpulan soal untuk seleksi masuk mandiri peguruan tinggi negeri (SBMPTN) untuk guru SMP dan SMA di seluruh Indonesia. “Pelayanan ini dikhususkan untuk sekolah yang terkena dampak dan akan tersedia mulai hari Selasa, 17 Maret 2020,” tutur Hanani dilansir dari Kompas.com.

6. Google Suite Education (https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/)

Perhatian dari salah mesin telusur terbesar didunia untuk membantu para siswa dan guru di Indonesia dalam kelancaran proses belajar mengajar tersedia gratis dari Google. Sekolah dapat menggunakan fitur Hangouts Meet. Hangouts Meets merupakan alat konferensi video yang tersedia untuk seluruh pengguna G Suite, dan Google Classroom. Tujuannya untuk mengikuti kelas dan melanjutkan pembelajaran jarak jauh dari rumah.

Sebagai salah satu solusi pencegahan Virus Corona, fitur Hangouts Meet dapat dinikmati secara gratis hingga 1 Juli 2020. Google Hangouts Meets menyediakan fitur paling lengkap. Fitur tesebut terdiri dari live streaming hingga 100.000 penonton dalam satu domain hingga pertemuan besar yang mencapai 250 peserta per kelas. Disamping itu, Video yang bisa direkam dapat disimpan di Google Drive untuk dapat akses di kemudian hari tentunya.

Jangan lupa di share artikel ini ya, agar proses belajar mengajar tetap berlanjut.

__Terbit pada
Maret 18, 2020
__Kategori
Cerita Relawan

Penulis: Slamet Setya Budi

Tinggalkan Balasan

banner 72890