Pilih PMR Atau? Bukan Soal Pilihan Tapi Mana Yang Bermanfaat

Spread the love

Pmitebo.or.id, PMR – Kamu ikut ekskul di sekolah? Pasti dong. Selain mengisi waktu luang, ekskul juga bisa menambah teman sekaligus pengalaman kalian. Tapi, apa kamu tahu manfaat yang benar-benar bisa kamu rasakan ketika ikutan ekskul di sekolah? Setiap ekskul punya manfaat yang berbeda-beda lho, tergantung dari bidang ekskul itu sendiri. Kalo kamu belum tahu, mendingan kamu simak yang satu ini deh.

Ekskul Olahraga

Salah satu ekskul yang paling populer di kalangan anak sekolahan adalah ekskul olahraga. Ekskul olahraga, ya termasuk futsal, basket, dan sebagainya, adalah ekskul yang menuntut pesertanya untuk mendalami salah satu cabang olahraga. Ekskul ini sangat bermanfaat buat kalian yang ingin mengasah bakat di bidang olahraga tertentu. Selain bakat yang terasah, badan kamu akan lebih bugar karena rutin berolahraga. Nggak nolak kan kalo badan kamu jadi jarang sakit?

Pramuka

Pramuka mengajarkan sesuatu yang nggak diajarkan di kelas. Secara nggak sadar, dengan pramuka kamu jadi belajar mengelola kelompok dengan membentuk pimpinan regu dan lain sebagainya. Selain itu, komunikasi, interaksi, dan kerja sama kalian dalam regu akan melahirkan kebersamaan untuk menyelesaikan tugas bersama. Keahlian tali-temali dan juga membangun tenda adalah salah satu pelajaran yang nggak akan kita temui di kelas maupun kursus manapun. Keahlian tersebut berguna banget buat kemandirian kalian dalam menghadapi situasi gawat darurat.

PMR

Palang Merah Remaja atau yang disingkat PMR ini berguna banget buat kalian yang ingin membantu sesama. Sesuai dengan nama dan organisasi yang menaungi pembinaannya, PMR lebih fokus mengajarkan para remaja terkait kesehatan dan pengobatan. Biasanya PMI menjadi ekskul favorit bagi para remaja yang bercita-cita menjadi dokter, bidan, perawat, atau yang berhubungan dengan kesehatan dan pengobatan. Mungkin karena itu, kadang-kadang PMR relatif kurang peminatnya dibanding ekskul seperti Pramuka ataupun Paskibra. Padahal kegiatan dalam ekskul PMR tidak hanya terbatas pada bidang kesehatan dan pengobatan, namun sangat banyak kegiatan yang sangat bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam jangka waktu yang lama.

English Club

Jaman sekarang nggak bisa bahasa Inggris itu nggak level. Lihat tuh, banyak anak-anak yang sok-sokan pakai bahasa Inggris kalo nulis status di sosmed. Padahal jatuhnya ya RIP English alias nggak nyambung kalimatnya. Malu-maluin kan? Dengan ikutan English Club, selain kamu berlatih bahasa Inggris dengan baik dan benar, kamu juga akan mendapat wawasan yang lebih tentang negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka.

Teater

Ini buat kalian yang terobsesi menjadi artis terkenal. Ekskul teater sangat bermanfaat untuk melatih keberanian dan semangat berekspresi di depan umum. Selain itu, keterampilan dalam berdialog dengan jelas akan bertambah. Kamu juga bisa secara spontan mengungkapkan pikiran dan perasaan yang ada dalam hati. Yaa, intinya nih, buat kamu yang pemalu, mending kamu ikutan ekskul ini deh. Siapa tahu keberanian kamu dalam mengungkapkan rasa cinta di dalam hati buat sang gebetan jadi meningkat.

Nah, itu tadi lima di antara banyak ekskul yang ada di sekolah-sekolah pada umumnya. Ada banyak ekskul lain yang juga pastinya bermanfaat buat kalian. Yang penting, bagaimana kamu mengikuti ekskul tersebut dan nggak mengganggu sekolah kamu. Be smart, Volunteers!

__Terbit pada
November 14, 2019

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890