Himbauan Resmi Bupati Tebo Terkait Covid-19

Spread the love

Pmitebo.or.id, Kepalangmerahan – Coronavirus (CoV) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Ada setidaknya dua jenis coronavirus yang diketahui menyebabkan penyakit yang dapat menimbulkan gejala berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV). Novel coronavirus (2019-nCoV) adalah virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus corona adalah zoonosis (ditularkan antara hewan dan manusia). Penelitian menyebutkan bahwa SARS-CoV ditransmisikan dari kucing luwak (civet cats) ke manusia dan MERS-CoV dari unta ke manusia.

Beberapa coronavirus yang dikenal beredar pada hewan namun belum terbukti menginfeksi manusia.  Manifestasi klinis biasanya muncul dalam 2 hari hingga 14 hari setelah paparan. Tanda dan gejala umum infeksi coronavirus antara lain gejala gangguan pernapasan akut seperti demam, batuk dan sesak napas. Pada kasus yang berat dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian.  Pada 31 Desember 2019, WHO China Country Office melaporkan kasus pneumonia yang tidak diketahui etiologinya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina.

Pada tanggal 7 Januari 2020, Cina mengidentifikasi pneumonia yang tidak diketahui etiologinya tersebut sebagai jenis baru coronavirus (novel coronavirus, 2019-nCoV). Penambahan jumlah kasus 2019nCoV berlangsung cukup cepat dan sudah terjadi penyebaran ke luar wilayah Wuhan dan negara lain.

Tanda-tanda dan gejala klinis yang dilaporkan sebagian besar adalah demam, dengan beberapa kasus mengalami kesulitan bernapas, dan hasil rontgen menunjukkan infiltrat pneumonia luas di kedua paru-paru. Menurut hasil penyelidikan epidemiologi awal, sebagian besar kasus di Wuhan memiliki riwayat bekerja, menangani, atau pengunjung yang sering berkunjung ke Pasar Grosir Makanan Laut Huanan. Sampai saat ini, penyebab penularan masih belum diketahui secara pasti.

Himbauan Bupati Tebo

Secara resmi Bupati Tebo mengeluarkan Himbauan terkait COVID-19 pada 4 Maret 2020 kepada masyarakat Kabupaten Tebo sesuai dengan nomor surat 445/302/Dinkes-KB/2020 Tentang Kewaspadaan Terhadap Coronavirus Disease (Covid-19). Adapun isinya yaitu.

Melihat perkembangan yang sangat cepat dari kasus Coronavirus Disease (Covid-19), maka dengan ini disampaikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tebo beberapa hal sebagai berikut :

  1. Coronavirus (CoV) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat
  2. Manifestasi klinis biasanya muncul dalam 2 hari hingga 14 hari setelah paparan
  3. Tanda dan gejala umum infeksi coronavirus antara lain gejala gangguan pernapasan akut seperti demam, batuk dan sesak napas.
  4. Sebagai antisipasi, dihimbau kepada masyarakat untuk :
    • Senantiasa menjaga kebersihan dan berprilaku hidup bersih dan sehat
    • Makan dengan gizi seimbang, perbanyak konsumsi sayur dan buah, minum air mineral dengan jumlah yang cukup, makan makanan yang dimasak sempurna dan istirahat yang cukup
    • Selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum makan dan setelah berpergian ketempat umum
    • Bila batuk/flu, tutup hidung dan mulut dengan tissue atau dengan lengan atas bagian dalam, sehingga kuman tidak menyebar keudara dan tidak menular keorang lain, batuk dan bersin agar berjarak 0,5 meter dari orang sekitar
    • Gunakan masker dan harap diganti setelah digunakan selama 8 Jam
    • Hindari menyentuh hidung, mata dan mulut untuk mencegah penyebaran kuman
    • Dianjurkan agar segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, bila mengalami gejala demam, batuk, sesak dan gangguan pernafasan, terutama bagi masyarakat yang baru berpergian dari Negara yang terjangkit kasus Coronavirus Disease (Covid-19) positif
    • Sedapat mungkin, hindari bepergian ketempat yang ramai
    • Hindari buang air besar disembarang tempat/sungai
    • Tidak perlu panik (tetap tenang) dan beraktivitas seperti biasa.

Demikian disampaikan untuk dapat diperhatikan dan dilaksanakan.

__Terbit pada
Maret 5, 2020
__Kategori
Kepalangmerahan

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890