Cara menghitung berat badan ideal

Cara Menghitung Berat Badan Ideal, Masih ingat?

Spread the love

Pmitebo.or.id, Story – Pak budi berumur 43 tahun, dengan tinggi badan mencapai 165 cm, dan berat badan 76 Kg. Pertanyaanya apakah pak budi memiliki berat badan Ideal?. Nah, mungkin bagi sebagian dari kita mengalami kebingungan bagaimana cara menghitung berat badan ideal. Nah, dalam materi PMR (Palang Merah Remaja) terdapat sebuah bahasan yaitu mengenai cara menghitung indeks masa tubuh.

Bagi kalian yang sering membuka materi remaja sehat peduli sesama pasti tidak asing lagi dengan materi ini. Maka, beruntunglah kamu yang menjadi Anggota PMR. Selain mendapatkan edukasi mengenai kesehatan kalian juga diajarkan tentang kebencanaan. Balik lagi, siapa sih yang tidak ingin mendapatkan berat badan yang ideal?. Selain menambah daya tarik penampilan, juga dapat mempengaruhi kesehatan seseorang.

Apakah saat ini kamu, teman kamu, keluarga kamu, ada yang terlalu gemuk bahkan kurus?. Tenang itu bukanlah takdir, tapi untuk mewujudkan berat badan ideal memang perlu modal dan usaha yang keras. Yuk simak tata cara menghitung berat badan ideal.

Mengukur Indeks Masa Tubuh (IMT)

Masih dalam persoalan Pak Budi yang berusia 43 tahun, dengan tinggi badan 165 cm, dan berat badan 76 Kg. Apakah ideal? jawabannya tentu tidak. Rumus menghitung Indeks Masa Tubuh sendiri yakni IMT= Berat Badan (kg) : Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m).

Mari kita masukkan persoalan Pak Budi dalam rumus tersebut IMT = 76 Kg : 1.68 m x 1,68 m = 27.91. Sementara dalam, IMT terdapat ukuran – ukuran yang menyatakan Berat Badan Ideal. <17,0 = Sangat Kurus; 17,0 – 18,4 = Kurus; 18,5 – 25,0 = Normal; 25,1 -27,0 = Gemuk; >27,0 = Sangat Gemuk. Jadi berkaca dari permasalahan Pak Budi ternyata memiliki berat badan yang kurang ideal, bahkan masuk kedalam kategori Sangat Gemuk.

Nah, untuk itu Pak Budi perlu menurunkan berat badannya, minimal 10 Kg untuk mencapai berat badan ideal. Caranya yaitu, berolahraga secara teratur, kontrol pola makan, dan berkonsultasi dengan ahli gizi. Obesitas, atau biasa dikenal dengan kegemukaan, memiliki resiko terkena penyakit berbahaya. Dikarenakan adanya banyak penimbunan lemak dan terbatasnya mobilitas diri. So, jaga kesehatan dengan baik dan biasakan menjaga pola makan agar berat badan ideal selalu terjaga. Jangan lupa untuk menghitung berat badan ideal ya.

__Terbit pada
Maret 17, 2020
__Kategori
Cerita Relawan

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890