Cara Praktis, Agar Mudah Tidur Dengan Cepat Dan Nyenyak

Spread the love

Susah tidur atau insomnia merupakan gangguan kesehatan yang harus mendapatkan penanganan yang tepat, karena jika dibiarkan berlarut-larut, waktu tidur ideal jadi tidak tercukupi dalam jangka lama dan akan memengaruhi kesehatan. Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan kebiasaan berikut:

1. Tidur di jam yang sama tiap malam

Cobalah untuk menerapkan disiplin waktu tidur. Caranya adalah dengan tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Hal ini akan membuat tubuh Anda terbiasa tidur dan bangun di jam yang sama.

2. Matikan peralatan elektronik

Cara cepat tidur selanjutnya adalah dengan mematikan semua alat-alat elektronik, seperti telepon seluler dan tablet, sekitar 1,5 jam sebelum tidur. Jika Anda terbangun di tengah malam, disarankan juga untuk tidak menyalakan ponsel, karena cahaya yang dipancarkan bisa menurunkan produksi hormon melatonin, sehingga membuat tidur Anda terganggu.

3. Hindari konsumsi makanan atau minuman ini sebelum tidur

Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan tinggi lemak terlalu dekat dengan waktu tidur, karena hal ini akan membuat tubuh bekerja ekstra keras untuk memecah lemak, sehingga membuat Anda lebih susah tidur.

4. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat sebelum tidur di malam hari juga diyakini dapat membuat tubuh lebih rileks, yang akhirnya akan membantu Anda tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

5. Konsumsi makanan berkarbohidrat

Mengonsumsi makanan berkarbohidrat dalam jumlah yang cukup beberapa jam sebelum tidur diduga dapat membuat kita terlelap lebih cepat. Hal ini diyakini karena  karbohidrat mampu meningkatkan kadar hormon tryptophan yang membuat Anda lebih mudah mengantuk. Namun, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

6. Melakukan latihan pernapasan

Cara cepat tidur yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan latihan pernapasan. Caranya, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, tahan napas selama tujuh hitungan, dan buang napas pelan-pelan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi pola ini sebanyak empat kali.

Jika dilakukan dengan rutin, latihan pernapasan ini diyakini bisa membuat Anda lebih rileks dan lebih mudah untuk tertidur.

Berbagai cara cepat tidur di atas boleh Anda coba saat mengalami kesulitan tidur. Namun jika keluhan susah tidur masih tetap dirasakan, jangan ragu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sumber : Alodokter.com

__Terbit pada
Mei 16, 2020
__Kategori
Kesehatan

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890