Mendukung Kebijakan Pengurus, Markas PMI Tebo Buat Sistem O-Lapor

Spread the love

Pmitebo.or.id, Kepalangmerahan – Kelemahan selama ini untuk menunjang proses evaluasi adalah masih minimnya pelapor atau petugas untuk taat dan tertib melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakannya. Padahal, tidak sedikit dalam setiap penerbitan Surat Perintah Tugas tertera kalimat, setelah melaksanakan kegiatan harap melaporkan hasil kegiatannya. Mirisnya, masih sedikit yang mematuhi perintah tersebut. Untuk, itu dalam mendukung kebijakan pengurus perlu strategi yang inovatif.

Dari keluhan yang ditangkap adalah soal keterbatasan laptop, tidak memiliki form pelaporan, serta belum memahami hal – hal yang perlu dilaporkan. Padahal, pelaporan dari setiap pelaksanaan akan digunakan sebagai bahan evaluasi, baik hasil kegiatan, kendala, solusi, saran perbaikkan kedepannya. Tidak hanya itu, pelaporan akan berpengaruh pada transparansi anggaran dan apabila adanya sertifikasi nasional nantinya. Did you know? akibat lambatnya pelaporan maka akan membebani kinerja kemarkasan serta menjadi ancaman bagi internal organisasi.

Terobosan Baru

Untuk itu, Markas PMI Kabupaten Tebo membentuk terobosan baru guna meminimalisir keluhan soal pelaporan sesuai dengan arah kebijakan pengurus untuk lebih inovatif ditengah keterbatasan. Solusi yang diambil yaitu pembuatan pelaporan secara online. Memang sistem ini harus didukung dengan hosting yang mumpuni alias kelas premium serta SSL yang baik untuk mendukung keamanan. Tanda website memiliki SSL dan yang aman adalah terdapat gambar kunci sebelum http://www pada sebuah website.

Keuntungannya membuat sistem pelaporan secara online yaitu dapat diakses baik via android maupun komputer/laptop. Pelapor atau petugas hanya perlu mengisi pertanyaan yang tertera, dan terdapat panduan pengisian. Untuk tata caranya yaitu :

  • Pelapor atau petugas mengakses website www.pmitebo.or.id
  • Membuka menu LAPOR apabila menggunakan android dapat klik menu yang berada di pojok kiri atas yang beraksen garis – garis.
  • Setelah itu, pelapor atau petugas dapat memilih menu yang disediakan seperti LAPORAN BENCANA, LAPORAN KEGIATAN, LAPORAN TRIWULAN, LAPORAN SEMESTER, hingga LAPORAN TAHUNAN
  • Lalu, mengisi pertanyaan yang telah disediakan
  • Apabila dianggap selesai, maka Pelapor atau petugas dapat klik tombol KIRIM

Setelah selesai, secara otomatis Laporan yang telah diketik akan masuk kedalam database PMI Kabupaten Tebo. Pelaporan akan tersusun sesuai dengan jenis waktu pelaporannya, subjek pelaporan dan tersusun secara rapi serta dapat disimpan dalam bentuk PDF lalu dicetak.

Kendala O-Lapor

Namun, untuk validasi pelaporan tetap dilakukan secara faktual terutama mengenai biaya pengeluaran dan tanda tangan. Sementara itu, sistem ini masih terdapat kelemahan, yaitu Pelapor atau petugas tidak dapat mengirimkan dokumentasi pelaporan dalam bentuk JPEG atau DOC. Adapun penyebabnya yaitu perlunya penyempurnaan plugin yang berbayar dan biasanya untuk berlangganan diperlukan biaya yang agak mahal. Namun dapat disiasati pelaporan dokumentasi melalui whatsapp atau email.

Setelah dibuatnya pelaporan secara online, tingkat ketertiban untuk melaporkan kegiatannya mencapai 100%. Karena sistem ini dapat dilakukan kapan saja, baik saat santai, rebahan, maupun nongkrong di cafe. Namun, untuk tingkat ketertiban waktu pelaporan pasca pelaksanaan kegiatan atau penugasan masih perlu ditingkatkan.

__Terbit pada
Maret 10, 2020
__Kategori
Kepalangmerahan

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890