Gejala COVID19 Berapa Hari pertanyaan dari tuan R

Gejala COVID19 Berapa Hari, Saya Baru Tour Dari Bandung-Jogja?

Spread the love

Pmitebo.or.id, Tanggap Corona – Sehari yang lalu PMI Kabupaten Tebo meluncurkan tools sederhana terkait penilaian diri kenali gejala Virus Corona. Alat sederhana ini memungkinkan kita untuk tanggap dan peduli terhadap keadaan diri dan orang yang kita sayangi. Hinggal tanggal 21 Maret 2020 pukul 23.53 data masuk untuk mengikuti self assesment berjumlah 17 Orang.

Namun mayoritas menginformasikan bahwa keadaanya sehat dan hanya 15% yang mengalami gejala batuk dan sakit tenggorokan. Namun bagi informan yang mengisi kuesioner dan mengalami batuk dan sakit tenggorokan mereka mengatakan tidak memiliki riwayat perjalanan dan kontak langsung dengan pasien yang positif COVID19.

Namun, ada salah satu pertanyaan dari Inisial nama R bahwa ia mengungkapkan baru pulang dari touring bandung jogjakarta 17 Maret 2020. Ia mengungkapkan kalau seandainya terpapar COVID19 kira – kira gejalanya berapa hari. Berikut pertanyaan dari Tuan R tentang gejala covid19 berapa hari?

“Baru pulang tour dr Bandung-Jogja tgl 17 Maret, kira – kira semisal saya terkena covid gejala yang muncul setelah berapa hari?”

Gejala Virus Corona (COVID19)

Coronavirus (CoV) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Ada setidaknya dua jenis coronavirus yang diketahui menyebabkan penyakit yang dapat menimbulkan gejala berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV).

Baca Juga : Penilaian Diri Untuk Kenali Gejala COVID19

Novel coronavirus (2019-nCoV) adalah virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus corona adalah zoonosis (ditularkan antara hewan dan manusia). Penelitian menyebutkan bahwa SARS-CoV ditransmisikan dari kucing luwak (civet cats) ke manusia dan MERS-CoV dari unta ke manusia.

Gejala Muncul Sejak 2 Hari – 14 Hari

Dilansir dari Buku Pedoman dan Pencegahan Covid19 terbitan Kemenkes, Tanda dan gejala umum infeksi COVID-19 antara lain gejala gangguan pernapasan akut seperti demam, batuk dan sesak napas. Masa inkubasi rata-rata 5-6 hari dengan masa inkubasi terpanjang 14 hari.

Pada kasus COVID-19 yang berat dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian. Tanda-tanda dan gejala klinis yang dilaporkan pada sebagian besar kasus adalah demam, dengan beberapa kasus mengalami kesulitan bernapas, dan hasil rontgen menunjukkan infiltrat pneumonia luas di kedua paru.

Sementara itu dilansir dari Alodokter.com gejala umum COVID19 muncul dalam waktu 2 Hari – 14 Hari setelah terpapar virus corona. Jadi kesimpulan dari pertanyaan Tuan R gejala covid19 berapa hari adalah? waktu kemunculan tanda – tanda COVID-19 berkisar antara 2 – 14 hari sejak terpapar Virus Corona COVID-19.

Baca Juga : Pertanyaan Seputar COVID19, Bagaimana Melindungi Diri

Berdasarkan bukti ilmiah, COVID-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui kontak erat dan droplet, tidak melalui udara. Orang yang paling berisiko tertular penyakit ini adalah orang yang kontak erat dengan pasien COVID-19 termasuk yang merawat pasien COVID-19.

Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi adalah melalui cuci tangan secara teratur, menerapkan etika batuk dan bersin, menghindari kontak secara langsung dengan ternak dan hewan liar serta menghindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin. Selain itu, menerapkan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) saat berada di fasilitas kesehatan terutama unit gawat darurat.

__Terbit pada
Maret 21, 2020
__Kategori
Tanggap Corona

Penulis: Slamet Setya Budi

Tinggalkan Balasan

banner 72890