Ini Dia Rincian Penggunaan Dana APBD 2019 PMI Tebo

Spread the love

Pmitebo.or.id, Keuangan – Dalam menyelenggarakan kegiatan Kepalangmerahan, PMI Kabupaten Tebo ditahun 2019 didukung dengan adanya alokasi dana Hibah Pemerintah Daerah sebesar Rp. 50.000.000. Untuk itu, sudah saatnya PMI Kabupaten Tebo memanfaatkan dan menggunakan dana tersebut sebaik mungkin dan seefektif mungkin. Pencairan dana hibah PMI Kabupaten Tebo dengan Kode DPA Rekening 5.1.4.05.01 baru dapat dilakukan pada tanggal 25 Oktober 2019. Setelah melewati berbagai proses yang panjang demi untuk eksistensi dibidang kemanusiaan.

Ditahun 2019, PMI Kabupaten Tebo terfokus kepada Belanja Modal sebesar Rp. 35.371.500 ( Tigapuluh Lima Juta Tiga Ratus Tujuh Puluh Satu Ribu Lima Ratus Rupiah). Belanja Modal adalah Pengeluaran anggaran untuk perolehan aset tetap dan aset lainnya yang memberi manfaat lebih dari satu periode akuntansi.  Aset Tetap adalah Aset Berwujud yang mempunyai masa manfaat lebih dari 12 bulan untuk digunakan, atau dimaksudkan untuk digunakan dalam kegiatan pemerintah atau   dimanfaatkan oleh masyarakat umum.  Aset Lainnya diantaranya aset tak berwujud, tagihan penjualan angsuran yang jatuh tempo lebih dari 12 bulan, dan aset kerjasama dengan pihak ketiga (kemitraan).

Untuk diketahui, Belanja Modal merupakan dasar untuk memperkuat kapasitas sarana dan prasarana serta berdampak besar kepada keberhasilan indikator, output, outcome, tujuan strategis, dan pada akhirnya bermuara kepada Visi dan Misi.

Disamping itu, PMI Kabupaten Tebo juga melakukan kegiatan untuk Belanja Barang sebesar Rp. 11.258.500 (Sebelas Juta Dua Ratus Lima Puluh Delapan Ribu Lima Ratus Rupiah). Belanja Barang difokuskan untuk membiayai kebutuhan operasional kantor (barang dan jasa), pemeliharaan kantor dan aset tetap lainnya serta biaya perjalanan. Disamping itu, belanja barang juga dialokasikan untuk pembayaran honor-honor bagi para pengelola anggaran. Selanjutnya sesuai dengan penerapan konsep nilai perolehan maka pembayaran honor untuk para pelaksana kegiatan menjadi satu kesatuan dengan kegiatan induknya.

Tahukah Kamu? Dimana pengeluaran terbesar untuk kegiatan Diklatsar KSR PMI Kabupaten Tebo Angkatan Ke – II. Sebenarnya pengeluaran anggaran dapat ditekan apabila PMI Kabupaten Tebo memiliki Markas Permanen dan tersedianya ruangan untuk diklat. Ini adalah PR untuk dapat direalisasikan ditahun berikutnya, tentunya kebijakan berada di Pemerintah Daerah untuk pembangunan gedung PMI Kabupaten Tebo.

Sementara itu, alokasi anggaran terkecil untuk Belanja Pegawai sebesar Rp. 3.370.000 (Tiga Juta Tiga Ratus Tujuh Puluh Ribu Rupiah) tentunya ini menjadi PR besar untuk tahun berikutnya. Disaat UU Nomor 1 Tahun 2018 Kepalangmerahan disahkan, para penggiat kemanusiaan justru belum di manusiakan. Kita patut menyadari disamping kondisi di internal yang harus terus dibenahi kita juga harus mendorong dan meyakinkan kepada Pemerintah bahwa PMI itu bermanfaat.

Kenapa Belanja Pegawai itu Penting? Meruntut dari pengertian Belanja Pegawai yaitu kompensasi terhadap pegawai baik dalam bentuk uang atau barang, yang harus dibayarkan kepada pegawai pemerintah (di dalam negeri dan di luar negeri) sebagai imbalan atas pekerjaan yang telah dilaksanakan selama periode akuntansi, kecuali pekerjaan yang berkaitan dengan pembentukan modal.  Pembayaran kepada pekerja yang dipekerjakan sendiri, dan pekerja lain yang bukan karyawan      pemerintah tidak termasuk dalam kelompok belanja pegawai tetapi dalam kelompok belanja barang dan jasa.

Tidak dipungkiri untuk membentuk generasi sadar bencana, sadar donor darah, sadar menolong sesama, diperlukan tenaga yang professional dan paham akan kondisi di Kabupaten Tebo. Apalagi UU Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Kepalangmerahan, PP Nomor 7 Tahun 2019, dan Peraturan Bupati Nomor 39 Tahun 2017 telah disahkan.

Berikut Kegiatan – Kegiatan yang dilakukan oleh PMI Kabupaten Tebo Tahun 2019

Diklat Manajemen, Organisasi & Sukarelawan

No Nama Kegaiatan Tempat
1 Mobilisasi Relawan Tsunami Ke Lampung Selatan Lampung Selatan
2 Latihan Gabungan Antar Sekolah Sesuai Agenda PMR
3 Musyawarah PMI Kabupaten Tebo Muara Tebo
4 Pelantikan Pengurus PMI Kabupaten Tebo Jambi
5 Pembuatan (NPWP, Domisili, SKT, Buku Rekening) Muara Tebo
6 LATRT (Lomba Ajang Ketangkasan Relawan Tebo) SMAN 16 Tebo
7 Audiensi Dengan Bupati Tebo Muara Tebo
8 Mobilisasi Relawan Untuk Respon Bencana Asap Muara Tebo
9 Koordinasi Dengan Pengurus dan Markas PMI Jambi Jambi
10 Pembuatan Website PMI Kabupaten Tebo Muara Tebo
11 Perbaikan Markas Muara Tebo
12 Rapat KSR Muara Tebo
13 Kunjungan Kerja Ketua Umum PMI Pusat Jambi
14 Diklatsar KSR Angkatan II Muara Tebo
15 Pelatihan Water Rescue Dasar Muara Tebo
16 Pemilihan Komandan KSR Muara Tebo
17 Acara Kadodahsat Muara Tebo

Penanggulangan Bencana, Kesehatan & Donor Darah

No Nama Kegiatan Tanggal Tempat
1 Penggalangan Dana Tsunami Lampung & Banten 1-5 Januari 2019 Tebo
2 Satgas TDB Tsunami Lampung 1 – 12 Januari 2019 Lampung Selatan
3 Donor Darah PT. SKU Betung Bedarah Barat 19 Februari 2019 PT.SKU
4 Donor Darah PT. WKS Maret 2019 PT. WKS
5 Merujuk Pasien Diagnosa Jantung Bocor 13 Maret 2019 Rimbo Ulu
6 Tim Kesehatanan Tato Adventure 14 Juli 2019 Muara Tebo
7 Donor Darah Acara FKH Tebo September 2019 Muara Tebo
8 Apel Siaga Bencana September 2019 Muara Tebo
9 Pembagian Masker Tahap I Respon Kabut Asap September 2019 Tebo
7 Optimalisasi Rumah Singgah Bebas Asap September – Oktober 2019 Muara Tebo
8 Pendistribusian Masker Tahap II Oktober 2019 Tebo
9 Respon Siaga Banjir Nov – Desember Tebo
10 Donor Darah PP Pancasila Nov 2019 Muara Tebo
11 Respon Donasi Kemanusiaan Desember 2019 Tebo

BIDANG ADMINISTRASI.

Palang Merah Indonesia Kabupaten Tebo tahun telah mengeluarkan surat dan menerima surat masuk sebagai berikut :—————————-

1. Surat  Keluar  sebanyak                             29     surat.

2. Surat Keputusan yang diterbitkan                 9     surat

3. Surat Masuk sebanyak                               19     Surat.

4. Surat Tugas sebanyak                                18     Surat

BIDANG KEUANGAN DAN INVENTARISASI (Data Terlampir)

Pendapatan

No Sumber Jumlah (Rp) Keterangan
1 Donasi Masyarakat Rp. 18.300.000 Untuk Tsunami Lampung dan Banten, Donasi
2 Sumbangan Pengurus dan Relawan Rp. 5.091.000 Untuk Kegiatan Kebencanaan, Pelantikan, dll
3 Pemerintah Rp. 50.000.000 APBD TA. 2019 DPA Rekening 5.1.4.05.01
4 Donor/Mitra Rp. 0  

Pengeluaran

Waktu Realisasi (Rp) Keterangan
Triwulan I Jan – Maret 2019 Rp. 18.300.000 Untuk Tsunami Lampung dan Banten, Donasi
Triwulan II April – Juni 2019 2.520.000 Untuk Kegiatan Pelantikan Pengurus, Pengurusan NPWP, Rekening, Domisili Dll
Triwulan III Juli – September 2019 2.571.000 Pelayanan Kesehatan, Bencana Kabut Asap
Triwulan IV Oktober – Desember 2019 Rp. 50.000.000 APBD TA. 2019 DPA Rekening 5.1.4.05.01
TotalRp. 73.391.000

KESIMPULAN DAN HARAPAN

Dalam kesimpulan dan harapan ini, kami sampaikan garis besar hal – hal yang dapat menjadi resume singkat dalam laporan tahunan ini. Sekaligus kami mengharapkan agar PMI Kabupaten Tebo lebih professional, Tanggap, dan dicintai masyarakat.

  • Bidang Kelembagaan Dan Organisasi

Belum optimalnya penggunaan data base relawan dan pengurus yang termutakhirkan sebagai acuan pembinaan organisasi, sedikit Pengurus PMI yang aktif dalam menyebarkan misi kemanusiaan serta melakukan pembinaan kepada Markas PMI Kabupaten Tebo.

Kedepannya perlu adanya Orientasi Tata Laksana dalam kepengurusan berikutnya agar memahami tugas Pokok dan Fungsi masing – masing Pengurus serta disseminasi UU Kepalang Merahan.

  • Bidang PMR dan Relawan

Belum optimalnya dalam tugas pembinaan relawan terutama pembinaan PMR serta kurang efektifnya kegiatan latihan gabungan.

Dengan terbatasnya SDM serta pendanaan PMI Kabupaten Tebo maka perlu adanya strategi khusus dalam pembinaan relawan yaitu dengan menggunakan siste regional. Terkait latihan gabungan maka perlu dibatasi jumlah peserta latihan dan atau ditambah jumlah pelatih.

  • Bidang Penaggulangan Bencana

Dalam bidang penanggulangan bencana PMI kabupaten Tebo mulai menunjukan eksistensinya namun dikarenakan kita belum memiliki peralatan yang memadai maka SDM kita belum dapat di optimalkan. Kedepannya perlu adanya pembenahan terutama sarana dan prasarana seperti kendaraan, rompi, dan Tenda

  • Bidang Pelayanan Sosial dan Masyarakat

Dalam bidang ini, PMI kabupaten Tebo telah melaksanakan beberapa program termasuk pengobatan gratis dan donor darah. Namun kegiatan yang dapat terus rutun berlanjut adalah donor darah. Kedepannya perlu adanya trobosan inovatif selain kegiatan Donor Darah terutama yaitu check golongan darah.

  • Bidang Keuangan dan Asset

Dalam bidang ini, PMI Kabupaten Tebo harus belajar banyak terutama pengelolaan keuangan dan aset. Kedepannya perlu adanya perawatan serta pelatihan terkait manajemen keuangan yang baik

__Terbit pada
Januari 4, 2020

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890