Ditambah, kadangkala apa yang direncanakan bisa Gagal, Pengeluaran membengkak, dan waktunya molor sehingga berdampak pada kegiatan bisa gagal.

Kegiatan Bisa Gagal, Kenapa?

Spread the love

Pmitebo.or.id, Kepalangmerahan – Palang Merah Indonesia (PMI) akan memasuki usia yang ke 75 tahun pada 17 September tahun ini. Dalam usianya yang semakin matang wajar kita merefleksikan sejauh mana gerakan ini memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat.

Namun, untuk kiprah PMI tidak perlu diragukan lah dengan catatan fluktuasi, kembang kempis, mati suri itu pasti ada. Ditambah, kadangkala apa yang direncanakan rawan kegagalan, Pengeluaran membengkak, dan waktunya molor sehingga berdampak pada kegiatan bisa gagal. Lalu apakah itu wajar?

PMER Is Our Business

Menyikapi pengalaman dari PMI Kabupaten Tebo sendiri bermula dari kurangnya pemahaman dibidang PMER (Planning, Monitoring, Evaluation, and Reporting). Apa itu PMER, singkatnya yaitu membahas soal Perencanaa, Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan.

Menjawab apakah sebuah kegagalan itu adalah wajar. Jikalau hanya sekali itu adalah kewajaran namun apabila berkali – kali berarti tahapan dalam evaluasi kurang berjalan. Ditambah perencanaan kurang terukur, minim pengawasan.

Sehingga akan menciptakan pelaporan yang kurang memadai. Dampaknya apa kegiatan bisa gagal, pengeluaran membengkak, waktu molor akhirnya merasa frustasi. Duh pasti tidak ingin mengalaminya kan.

Kamu sebagai Ketua Pelaksana, Kepala Markas, Komandan KSR, Ketua PMR minimal kalian terlebih dahulu harus mengetahui ini. Memang banyak konsultan ahli dibidang finansial, perencanaan, monitoring, dll. Namun ditengah persaingan ketat ini, sebenarnya PMI mampu berdiri ditengah – tengah itu semua.

Tantangan Program di Sektor Pembangunan dan Kemanusiaan

Pencapaian program bukan hanya untuk sesaat. Namun harus berkesinambungan, inilah tantangannya. Perencanaan yang baik dan terukur disesuaikan dengan kapasitas organisasi akan menjadikan program kita lebih baik.

Walaupun kadangkala rasa sabar itu berkurang. Dalam melaksanakan program kadang dibumbui dengan dinamika politik, kebijakan, kepentingan, bahkan keamanan. Yah namanya juga tantangan, justru semua itu menjadi bahan pertimbangan untuk merancang sebuah program.

Penyebab Program Gagal, Biaya Membengkak, Waktu Molor

Sadar atau tidak pemahaman sebagai Ketua Pelaksana, pokoknya ketua apapun lah, ketika merancang sebuah program haruslah terukur. Kadang ambisius akan mengganjal kemampuan kita untuk memahami kapasitas Sumber Daya.

Berikut penyebab gagalnya sebuah program :

1. Kurang Memahami Kebutuhan

2. Desain Program Lemah

3. Harapan Tidak Realistis

4. Sumber Daya Kurang Memadai

5. Menunda Program

6. Bencana Alam

7. Anggaran Kurang Realistis

8. Kualitas Program Rendah

Tips Agar Program Berhasil Minimal 80%

Agar berjalannya program maka diperlukan kepemimpinan yang memahami dibidangnya atau apabila belum memahami maka bertanya kepada yang mampu. Buatlah kegiatan yang realistis dalam artian mampu untuk dijalankan dan tidak menjadi beban berat bagi team.

Perhatikan program yang minim resiko dan pahami kondisi apakah rawan terkena bencana alam atau tidak. Pastikan anggaran memadai dan memiliki modal awal dalam merencanakan sebuah program, jangan menggantungkan dengan donatur apalagi desain program lemah dan kurang menarik.

Manajemen personal dengan baik, disiplin waktu dengan baik, serta mampu melakukan penjadwalan secara berkala. Untuk ketua pelaksana, harus mampu mengelola jadwal dengan baik, dan memastikan pekerjaan dilaksanakan tepat waktu. Bekali diri dengan tools monitoring.

Disamping itu, memahami mitra potensial yang dapat diajak kerjasama. Jangan biasakan bekerja sendiri apabila terdapat mitra potensial, misalkan Program Kesehatan maka mitra potensial adalah Lembaga terkait Kesehatan.

Jika membedah materi PMER memang tidak cukup dibahas dalam artikel ini. Namun setidaknya ini menjadi dasar untuk kita menjadi Ketua Pelaksana, Manajer Program atau manajemen diri.

__Terbit pada
Maret 9, 2020
__Kategori
Kepalangmerahan

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890