Membuat disinfektan mudah didapat bahannya

Membuat Disinfektan Ala PMI Kabupaten Tebo, Bahan Mudah Didapat

Spread the love

Pmitebo.or.id, Tanggap Corona – PMI Kabupaten Tebo ditengah keterbatasan mencoba untuk memberikan solusi untuk pencegahan COVID19. Cara untuk pencegahan dapat dimulai secara mandiri. Yaitu untuk menjaga kebersihan di rumah masing-masing.

Saat ini, PMI Kabupaten Tebo mendapat ajuan dan permintaan penyemprotan disinfektan. Namun, menjaga kebersihan tak harus menunggu pelayanan PMI Kabupaten Tebo. PMI Kabupaten Tebo tengah melakukan berbagai langkah untuk koordinasi dengan PMI tingkat diatasnya. Serta penyusunan protap agar relawan yang bertugas dapat terlindungi dengan aman, karena tidak memiliki APD yang standar Kemenkes.

Baca Juga : Cara Mencuci Tangan Dengan Air Bersih dan Hand Sanitizer

Ups, namun jangan khawatir, walaupun PMI Kabupaten Tebo belum dapat memberikan pelayanan disinfektan secara massal. Masyarakat dapat dengan mudah membuat disinfektan sendiri. Bahannya, bisa dapat dengan mudah di sekitar.

Lalu bagaimana cara membuat disinfektan?

  1. Persiapkan bahan sebagai berikut Air Bersih 1 Liter, Cairan Hipokrit (Byclin, Proklin, atau So Klin Pemutih) Alat semprot manual (Sprayer)
  2. Tuangkan 30Ml/2 sendok makan cairan Hipokrit kedalam 1 Liter air bersih lalu aduk.
  3. Semprotkan cairan disinfektan pada meja, lantai, kursi, gagang pintu, computer/laptop, remote, saklar lampu, toilet, westafel, dsb. Lalu diamkan selama 30 Menit
  4. Untuk di rumah cukup lakukan 1 Kali sehari, untuk fasilitas umum 3 Kali sehari
  5. Setelah melakukan penyemprotan lakukan cuci tangan dengan air bersih dan sabun, jauhkan dari jangkauan, anak – anak, hindari kontak dengan wajah

Namun, untuk efektivitas pembunuhan virus, bakteri, kuman penggunaan disinfektan harus setiap hari. Untuk tempat umum disarankan untuk frekuensi penyemprotan 3 x sehari.

__Terbit pada
Maret 25, 2020
__Kategori
Cerita Relawan

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890