Menghadapi Ujian memiliki trik tersendiri dan belajar harus efektif

Menghadapi Ujian, Punya Strategi Belajar Yang Baik dan Effektif?

Spread the love

Pmitebo.or.id, Story – Tidak sedikit dari kita merasakan gelisah dan khawatir ketika akan menghadapi ujian. Namun, itu hal yang wajar dan hampir semua dari kita pernah mengalaminya. Bedanya kita memiliki berbagai cara untuk menyikapi hal tersebut. Setiap orang dibekali keahlian tersendiri oleh Allah, bedanya cuma bagaimana cara memaksimalkan cara tersebut. Ada yang memiliki keahlian dibidang Akademik ada juga yang non akademik.

Nah untuk menghadapi ujian tertulis apalagi yang kemampuan non akademik tergolong rendah maka diperlukan strategi khusus. Berikut berbagi tips yang mungkin bermanfaat bagi teman – teman semuanya.

Buat rencana jadwal khusus untuk belajar

Kadangkala godaan untuk main itu lebih besar dibanding dengan mood belajar, tapi semua itu harus dilawan. Buat rencana untuk menjadwalkan pelajaran atau materi apa yang kalian siapkan untuk menghadapi ujian. Buatlah agenda harian apabila materi kalian terlalu padat dan waktu sudah mepet.

Dengan jauh – jauh hari kalian menjadwalkan maka persiapan kalian jauh lebih matang, dan beban pikiran di kepala tidak seperti sedang dikejar deadline. Namun, untuk materi yang sulit biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk memahaminya. So, perlu penjadwalan yang baik, hitung – hitung sambil belajar manajemen waktu.

Fokuskan waktu untuk belajar, jangan ngegame

Mood itu pasti hilang timbul, maka memerlukan fokus ekstra untuk belajar. Kalian akan membutuhkan energi yang besar terutama untuk materi yang sulit. Nah disini ego kalian diperlukan untuk fokus belajar. Nah, perhatikan juga waktu yang pas untuk belajar, cari waktu yang minim resiko. Misalnya, seperti didaerah penulis kalau malam kadangkala mati lampu, maka fokus ekstra belajar disore hari.

Untuk yang hobi scrool medsos, nah sudahin dulu. Sudah saatnya kalian belajar, jika kebiasaan baik ini dilakukan bukan tidak mungkin nilai kalian waktu ujian memuaskan.

Banyak latihan

Nah, ini tak kalah penting untuk menguji kemampuan kalian selama belajar materi. Coba deh kalian cari Bank Soal di internet terkait materi yang kalian pelajari. Setelah itu, di print out dan dikerjakan secara mandiri, jangan lupa durasi waktu kalian mengerjakan dibuat seperti simulasi ujian. Dengan banyak mengerjakan soal maka ketika ujian kalian jauh lebih siap.

Hindari belajar sistem kebut semalam (SKS)

Belajar seperti ini untuk kalian yang sudah keahlian kelas dewa mungkin cocok. Namun untuk yang masih newbie kalian hindari seperti ini. Selain waktu istirahat terkuras, beban di otak akan berlipat ganda. Sehingga, ketika menghadapi ujian kalian akan hilang fokus. Apalagi saat belajar ada materi yang sulit, dijamin mood kalian kacau. Pasrah deh ?

Review Materi

Sebelum ujian kalian review materi sebentar. Lagian apabila kalian sudah sering berlatih mengerjakan soal dan belajar, review materi bukanlah hal yang sulit. Konsep dengan catatan – catatan kecil setelah kalian mempelajari sebuah materi atau biasa disebut kesimpulan versi kalian sendiri.

Jangan lupa bahagia eh istirahat

Ketika kalian banyak menghabiskan waktu untuk belajar, luangkan sedikit waktu untuk istirahat. Atau dibuat pola 2 Jam belajar setiap hari diluar belajar di sekolah, sisanya untuk istirahat. Untuk meningkatkan mood kalian juga perlu mencari aktivitas yang menyenangkan diluar jadwal belajar.

Banyak Berdoa dan Jaga Kesehatan

Setelah usaha kalian cukup keras, iringilah dengan doa, agar ketika menghadapi ujian memperoleh hasil yang diharapkan. Kondisi fisik kalian juga harus dijaga, serta menghindari beban yang mengakibatkan strees di kepala.

Tips diatas berguna untuk kalian yang akan menghadapi Ujian Nasional, SBMPTN, Tes CPNS, Tes Masuk Kerja dan lain sebagainya. Mungkin bagi teman – teman yang memiliki tips tambahan untuk menghadapi ujian dapat berkomentar di kolom komentar dibawah ya.

__Terbit pada
Maret 9, 2020
__Kategori
Cerita Relawan

Penulis: Slamet Setya Budi

Tinggalkan Balasan

banner 72890