Mata Merah Termasuk Gejala COVID-19

Mitos dan Fakta Terkait Virus Corona : Part 1

Spread the love

Pmitebo.or.id, Cerita Relawan – Dunia dihebohkan dengan munculnya jenis Virus baru yaitu virus corona. Karena virus corona masih baru dan masih dalam proses penyelidikan. Sehingga tak heran apabila banyak rumor yang berkembang mulai dari penyebab, pencegahan, hingga pengobatannya. Sehingga, tak sedikit informasi hoaks atau disinformasi yang tersebar sejak kemunculannya baik itu melalui media sosial atau grup pesan berantai. Nah, berikut kita susun Mitos dan Fakta Terkait Virus Corona : Part 1.

Agar terhindar dari hoaks, ketahui mitos dan fakta mengenai virus corona berikut ini sebagaimana dilansir dari berbagai sumber yang kredibel.

Mitos: Virus corona COVID-19 sengaja dibuat atau senjata biologis oleh sekelompok orang untuk tujuan tertentu

Fakta: Virus sejatinya dapat berubah karakter seiring dengan berjalannya waktu. Kadangkala, beberapa wabah penyakit banyak terjadi ketika virus yang berasal dari hewan, pindah atau menular ke manusia. Hal ini yang mungkin bisa saja terjadi pada penyebaran COVID-19 atau virus corona.

Mitos: Apakah Hewan peliharaan dapat menularkan COVID-19 virus corona

Fakta: Hingga saat ini, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan peliharaan, dapat terinfeksi COVID-19. Akan tetapi, Kalian dianjurkan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Baca Juga : Cara Penularan Virus Corona

Baik setelah maupun sebelum melakukan kontak dengan hewan peliharaan. Dengan ini, Kalian dapat terhindar dari bakteri E.coli dan Salmonella maupun lainnya yang mungkin berpindah dari hewan peliharaan ke manusia.

Mitos: Virus corona COVID-19 hanya menyerang lanjut usia, bukan anak-anak muda dibawah usia 35 Tahun.

Fakta: Semua orang dari berbagai rentang usia dapat berisiko terinfeksi COVID-19. Akan tetapi, orang lanjut usia yang imunitas atau pertahanan tubuhnya sudah mulai menurun mudah terpapar. Disamping itu, orang-orang yang sebelumnya pernah mengalami kondisi medis, seperti asma, diabetes, penyakit jantung, tampaknya lebih rentan akibat terpapar virus.

World Health Organization menyarankan agar kita semua mengambil langkah-langkah guna melindungi diri dari virus, yaitu meningkatkan pola hidup sehat.

Baca Juga : Gejala Aneh COVID-19, Pahami Khususnya Untuk Anak Muda

Mitos: Menerima paket barang atau surat dari Tiongkok dapat menularkan COVID-19 virus corona

Fakta: Sampai saat ini, para peneliti masih mempelajari dan meneliti bagaimana COVID-19 dapat menginfeksi manusia. Namun, para ilmuwan menduga bahwa sebagian besar virus tidak dapat tahan lama berada di permukaan apalagi di suhu tinggi atau panas.

Jadi, kemungkinan Kalian tertular COVID-19 melalui barang atau surat dari Tiongkok yang melewati perjalanan berhari-hari, bahkan berminggu-minggu sangatlah rendah. Namun, tetap waspada dan mencuci tangan sebelum dan setelah menerima paket barang.

Mitos: Virus corona (COVID-19) dapat menular melalui gigitan nyamuk

Fakta: Hingga saat ini, peneliti masih mempelajari dan meneliti bagaimana COVID-19 menginfeksi manusia. Disamping itu, belum ada bukti ilmiah yang dapat menunjukkan bahwa virus corona dapat ditularkan oleh gigitan nyamuk. COVID-19 adalah virus pernapasan yang dapat menyebar melalui tetesan air liur atau cairan dari hidung yang dikeluarkan saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin, dan tidak dapat menular dari gigitan nyamuk.

Baca Juga : Cara Pembuatan Hand Sanitizer dan Social Distancing

Mitos: Pemindai termal efektif dalam mendeteksi orang yang terinfeksi virus corona

Fakta: Eits sabar dulu, tahukah kamu pemindai termal efektif dalam mendeteksi orang-orang yang menderita demam, yakni mereka yang memiliki suhu tubuh di atas normal >37c. Akan tetapi, Pemindai termal tidak dapat mendeteksi orang yang terinfeksi, tetapi belum sakit demam.

Pasalnya, masa inkubasi COVID-19 membutuhkan antara 2 dan 10 hari sebelum orang yang terinfeksi jatuh sakit dan mengalami demam. Untuk mendeteksi orang yang Positif COVID-19 diperlukan uji Swab/Laboratorium serta untuk percepatan dapat menggunakan Rapid Test.

Baca Juga : Nekat Mudik Dari Daerah Zona Merah, Segera Lakukan Hal Ini

Itulah Mitos dan Fakta Terkait Virus Corona yang kita susun di part pertama. Meskipun demikian, jangan sampai Kalian panik berlebihan dalam menyikapi berbagai berita. Kadangkala akibat panik kita menyebarkan berita kesehatan yang tidak benar mengenai penyebaran virus corona atau belum teruji secara klinis.

Pastikan pula Kalian selalu menjaga kesehatan dan kebersihan guna meminimalisir terjadinya risiko penularan. Untuk part silahkan kunjungi website ini kembali lain waktu ya. Untuk pertanyaan lainnya seputar mitos atau fakta dapat menggunakan fitur Live Chat.

loading…
__Terbit pada
Maret 30, 2020
__Kategori
Cerita Relawan

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890