Pahami Perawatan Keluarga akan berdampak pada masa depan yang lebih baik

Pahami Perawatan Keluarga, Baru Berjodoh

Spread the love

Pmitebo.or.id, Story – Sebelum membina rumah tangga ada baiknya kita memahami dulu mengenai kesehatan dalam keluarga. Karena kesehatan itu kunci utama untuk mewujudkan keluarga yang baik. Selain itu, kesehatan akan menunjang tumbuh kembang keluarga dan anak dalam meraih mimpi dan cita – cita keluarga. Mari, pahami Perawatan Keluarga yang diterbitkan oleh PMI Pusat tahun 2019.

Dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, peran serta masyarakat dalam upaya menolong dirinya sendiri baik mencegah atau mengatasi masalah kesehatannya adalah sangat penting. Oleh karena itu, setiap upaya yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam bidang kesehatan atau keperawatan, selalu disambut dengan baik.  Begitu pula dengan PALANG MERAH INDONESIA, hal ini dapat dilihat dari:

1) UU Palang Merah Indonesia No. 1 Tahun 2018

2) AD/ART Palang Merah Indonesia hasil Musyawarah Nasional XX tahun 2014

3) Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 023/Birhub/1972

4) MoU Departemen Kesehatan RI – PMI tanggal 26 September 1995 No.949/MENKES/SKB/1995 dan No. 0187/KEP/PP/IX/1995

5) MoU Kementrian Kesehatan I – PMI tanggal 17 Desember 2013 No.483/Menkes/SKB/XII/2013 dan No. 3219/MOU/XII/201

Tahukah kamu apa itu keluarga?

Keluarga adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, adopsi, kelahiran, yang bertujuan menciptakan, mempertahankan budaya, meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, sosial dari tiap anggota keluarga (Duval dan Logan, 1986). Dengan kata lain, keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga, dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan ketergantungan (Depkes RI, 1988).

Sebelum kita membahas perawatan keluarga sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang fungsi pokok keluarga menurut Friedman (1998), yaitu:

a. Fungsi Afektif adalah fungsi keluarga yang utama untuk mengajarkan segala sesuatu untuk mempersiapkan anggota keluarga berhubungan dengan orang lain.

b. Fungsi Sosialisasi adalah proses mengembangkan dan melatih anak untuk berkehidupan sosial sebelum meninggalkan rumah untuk berhubungan dengan orang lain diluar rumah, berinteraksi sosial dan belajar berperan dilingkungan sosial.

c. Fungsi Reproduksi adalah fungsi untuk kelangsungan keturunan dan menambah sumber daya manusia.

d. Fungsi Ekonomi adalah fungsi keluarga untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga seperti sandang pangan dan papan.

e. Fungsi Perawatan Kesehatan adalah kemampuan keluarga untuk merawat keluarga.

Tugas Keluarga di Bidang Kesehatan

Sesuai dengan fungsi pemeliharaan kesehatan, keluarga mempunyai tugas dibidang kesehatan yang perlu dipahami dan dilakukan. Friedman (1981) membagi 5 tugas keluarga di bidang kesehatan yang harus dilakukan:

a. Mengenal masalah kesehatan setiap anggota keluarganya.

b. Mengambil keputusan untuk melakukan tindakan yang tepat bagi keluarganya.

c. Memberikan keperawatan anggotanya yang sakit atau yang tidak dapat membantu dirinya sendiri karena cacat atau usianya yang terlalu muda.

d. Mempertahankan suasana di rumah yang menguntungkan kesehatan dan perkembangan kepribadian anggota keluarganya.

e. Mempertahankan hubungan timbal balik antara keluarga dan lembaga kesehatan.

Tujuan Perawatan Keluarga 

Adapun tujuan perawatan keluarga, yaitu:

a. Untuk mewujudkan kemampuan setiap anggota keluarga dapat menolong dirinya sendiri atau keluarga yang sedang memerlukan bantuan dalam hal memelihara kesehatan.

b. Keluarga dapat mengatasi masalah kesehatan keluarganya.

c. Mengurangi ketergantungan pada petugas kesehatan.

d. Mengurangi beban ekonomi keluarga.

e. Dapat memilih pelayanan kesehatan yang tepat bila diperlukan.

f. Menurunkan angka kesakitan di masyarakat.

Sehingga yang dimaksud dengan PERAWATAN KELUARGA adalah memberikan pelayanan keperawatan dasar dirumah kepada anggota keluarga yang mengalami  masalah kesehatan dan dilakukan oleh anggota keluarga lainnya yang telah memiliki pengetahuan juga keterampilan dasar keperawatan atau merupakan pelayanan lanjutan dari pelayanan kesehatan. Mari pahami perawatan keluarga, untuk masa depan yang lebih baik.

Nah gimana, untuk artikel lanjutannya nanti akan diupdate di website ya.

__Terbit pada
Maret 6, 2020
__Kategori
Cerita Relawan

Penulis: Slamet Setya Budi

Tinggalkan Balasan

banner 72890