Penanganan Bencana di Tebo merupakan tugas kita semua

Penanganan Bencana di Tebo, Untuk Kemanusiaan

Spread the love

Pmitebo.or.id, Kepalangmerahan – Palang Merah indonesia atau biasa dikenal dengan PMI adalah perhimpunan nasional berdiri atas asas – asas perikemanusiaan dan atas dasar sukarela. Dismping itu PMI tidak membeda-bedakan bangsa, suku, agama, ras, dan paham politik. Namun, dalam penanganan bencana yang terjadi Kabupaten tebo tentunya memerlukan kerjasama antar stakeholder terkait baik vertical maupun horizontal.

Jika merujuk pada Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Kepalangmerahan maka ada terdapat beberapa poin tugas penting dari PMI. Mulai dari permasalahan bencana, konflik, pelayanan darah, pengembangan relawan, bantuan kemanusiaan, kesehatan, atau tugas lain yang diberikan pemerintah. Tahukah kamu? bahwa PMI juga dapat memberikan bantuan baik didalam maupun luar negeri. Terutama untuk PMI yakni mengenai Penanganan Bencana yang terjadi dalam wilayah Kabupaten Tebo.

Sementara itu, dalam Peraturan Bupati Tebo Nomor 39 Tahun 2017 telah diatur mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) Bencana di Kabupaten Tebo. Kabar baiknya, PMI Tebo turut berperan serta dalam Bidang Kesehatan, Perencanaan dan Pengendalian Penyelenggaraan Pendidikan Darurat. Tentunya bersama Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, RSUD, dan stakeholder lainnya.

Intinya, penanganan bencana di tebo membutuhkan kerjasama, koordinasi, dan saling memahami. Selain itu, apabila sewaktu – waktu terjadi bencana BPBD dapat mengerahkan Palang Merah Remaja (PMR). PMR merupakan bagian dari Palang Merah Indonesia.

Berkaca dari UU dan Perbup maka sudah sepatutnya masalah Penanganan Bencana di Tebo harus semakin prima dan bergandengan tangan untuk membantu meringankan beban sesama.

“Melihat dari amanah UU Kepalangmerahan hingga Perbup Nomor 39 Tahun 2017. Maka PMI Kabupaten Tebo terus berupaya bersinergi dan kerjasama untuk bencana di Kabupaten Tebo bersama stakeholder terkait ditengah keterbatasan dan PMI Kabupaten Tebo harus terus berbenah” Tutur Syamsu Rizal, SE., M.Si selaku Ketua PMI Kabupaten Tebo

__Terbit pada
Januari 10, 2020
__Kategori
Kepalangmerahan

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890