Respon Bencana Banjir di kabupaten tebo

Respon Bencana Banjir, PMI Gandeng PDAM Tirta Muaro

Spread the love

Kepalangmerahan, Tebo – Dalam giat bencana banjir di Kabupaten Tebo, PMI Kabupaten Tebo mengerahkan puluhan Relawan dan Pengurus untuk sama – sama meringankan beban sesama. Tidak hanya itu, PMI kabupaten Tebo juga mengerahkan 1 Unit Mobil Tanki Air untuk mensupply persediaan air bersih, terutama masyarakat yang terdampak Banjir secara langsung. Ini wujud respon bencana banjir yang akan diupayakan oleh PMI Tebo.

“Dimasa banjir, banyak sumur – sumur mengalami sedimentasi dikarenakan adanya lumpur dan air menjadi keruh, sehingga kurang layak untuk dikonsumsi. Untuk itu, kita melakukan giat untuk merespon bencana banjir” tutur Marsudi, Am.Kep Pengurus Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Tebo

Smentara itu, Mobilisasi Mobil Tanki Air akan dilakukan selama 1 (satu) Minggu dengan opsi dapat diperpanjang untuk masa pinjam pakai, sesuai dengan kondisi dilapangan. Untuk penyediaan air bersih dalam giat respon bencana banjir, PMI Kabupaten Tebo menyurati PDAM Tirta Muaro. PDAM Tirta Muaro pun memberikan respon yang positif. Tidak hanya itu, kerjasama ini dilakukan untuk menjalankan SOP Bencana sesuai dengan Perbup Nomor 39 Tahun 2017.

5000 L Sampai Malam

Untuk respon bencana banjir di Desa Punti Kalo, dihari pertama PMI Kabupaten Tebo mensuplly 5000 L Air bersih, dengan penerima manfaat lebih dari 73 KK. Sekretaris Camat Sumay Samsul Bahri, mengatakan bahwa ada 400an KK yang perlu air bersih di Kecamatan Sumay.

“Sumur masyarakat banyak terendam dan keruh lebih dari 400 KK di Kecamatan Sumay” tutur Samsul Bahri

Di hari pertama PMI melakukan pendistribusian air bersih selesai hingga pukul 21.38 WIB. Antusias masyarakat luar biasa, dan mengharapkan agar PMI tetap mendistribusikan air bersih untuk tiga hari kedepan. Langkah berikutnya, PMI Kabupaten Tebo akan berkoordinasi dengan Stakeholder terkait untuk pemetaan kebutuhan air bersih.

Tentunya kedepan PMI Kabupaten Tebo terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dalam membantu pemerintah. Keterbatasan bukan halangan karena kita dapat membantu sesuai dengan kemampuan kita. Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat kedepannya.

__Terbit pada
Januari 29, 2020
__Kategori
Kepalangmerahan

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890