Setda Tebo Positif Covid-19 beredar di WhatsApp Group

Setda Tebo Positif Covid-19 Beredar Di WAG, Ini Klarifikasi Resminya

Spread the love

Pmitebo.or.id, Tanggap Corona – Pagi ini beredar broadcast mengenai Sekretaris Daerah Kabupaten Tebo Positif COVID19. Tak ayal postingan tersebut membuat publik bertanya – tanya. Bahkan, screenshot dikirimkan ke PMI Kabupaten Tebo baik via Live Chat di website dan WhatsApp. Relawan PMI pun meminta agar berita mengenai Setda Tebo Positif Covid-19 segera di telusuri apakah hoak atau disinformasi.

Kronologi Setda Tebo Dirawat

Dilansir dari detik.com (18/03/2020) mengenai kabar terkait Setda Tebo dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi.

Jumlah pasien yang diisolasi di RSUD Raden Mattaher, Jambi, terkait virus Corona (COVID-19) bertambah menjadi 5 orang. Salah seorang dari pasien tersebut adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Tebo, Jambi, Teguh Arhadi.

“Ada tambahan pasien yang kini sedang diisolasi. Pasien yang diisolasi itu merupakan pasien dalam pemeriksaan. Jadi jumlah yang diisolasi jadi 5 orang,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah kepada detikcom, Rabu (18/3/2020).

Johansyah menjelaskan jumlah pasien terkait Corona di RSUD Raden Mattaher, Jambi, awalnya 4 orang, tapi 1 orang diperbolehkan pulang setelah kondisinya membaik. Kemudian masuk 2 pasien lagi, seorang di antaranya Teguh.

“Kemarin itu ada 4 pasien (diisolasi). Namun, 1 pasien dinyatakan membaik kondisinya dan diperbolehkan pulang. Lalu ada 2 pasien lagi yang masuk dan harus diisolasi, yaitu Sekretaris Daerah Tebo, Jambi, dan satu pria yang baru pulang dari Pulau Jawa,” jelas Johansyah.

Berdasarkan hasil diagnosis dokter, Teguh mengalami pneumonia. Ia diduga terpapar virus Corona setelah pulang dari Jakarta.

Broadcast WAG

Sementara itu, pagi ini (23/03/2020) beredar broadcast melalui WhatsApp Group tentang Setda Tebo Positif Covid19. Adapun, postingan yang beredar sebagai berikut

“selamat pagi izin melaporkan Provinsi Jambi sudah resmi ada temuan 1 Pasien Positif COVID 19 di RSUD Raden Mattaher atas nama Sekda Tebo. Bagi yg sempat kntak dgn beliau mohon dpt melaporkan diri ke fasilitas kesehatan terdekat”

Informasi tersebut beredar dari WhatsApp Grup (WAG) sejak Senin (23/3/20) pagi ini. Belum diketahui kebenarannya dan siapa pertama kali yang menyebarkan informasi tersebut

Klarifikasi Pemberitaan

Dilansir dari Brito.id (23/03/2020) Johansyah selaku juru bicara menyebutkan bahwa hingga saat ini pihaknya belum menerima hasil laboratorium pasien yang dinyatakan positif.

“Hingga saat ini belum ada. Kalaupun (hasilnya sudah keluar dan hasilnya positif), maka yang akan menyampaikan Jubir Kemenkes,” kata Johansyah.

Menurut dia, dari 7 hasil uji laboratoium yang dikirimkan ke Balitbangkes Kemenkes RI, hingga hari ini baru dua yang hasilnya keluar.

“Baru dua itu yang hasilnya negatif kemarin. Kalau yang sekda ini belum keluar,” kata dia.

Kesimpulan

Mengenai informasi Setda Tebo Positif covid-19, Hasil laboratorium pemeriksaan Setda Tebo belum keluar dari Balitbang Kemenkes. Jika ada pasien COVID19 Positif maka akan dikabarkan oleh Pemprov Jambi atau Kemenkes. Mari bijak bermedsos dan share informasi yang mendidik dan resmi dari pemerintah.

__Terbit pada
Maret 23, 2020
__Kategori
Tanggap Corona

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890