Social Distancing dan Disinfektan

Social Distancing dan Cara Pembuatan Disinfektan

Spread the love

Pmitebo.or.id, Kepalangmerahan – Social distancing merupakan salah satu langkah penting dalam pencegahan dan pengendalian infeksi virus Corona. Hal ini, dengan menganjurkan orang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain.

Ketika menerapkan social distancing, seseorang tidak diperkenankan untuk berjabat tangan. Disamping itu, tetap menjaga jarak setidaknya 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain. Terutama dengan orang yang sedang sakit atau berisiko tinggi menderita COVID-19.

Cara menjaga dan menerapkan Social Distancing

  1. Sebisa mungkin Berdiam di Rumah
  2. Bersihkan lingkungan Rumah, bersihkan pakaian kotor dan ganti sprei
  3. Sempatkan untuk berjemur dan olahraga
  4. Istirahat yang cukup dan berkualitas
  5. Hindari tempat Tertutup & Lembab
  6. Hindari tempat umum, seperti mall, bioskop & tempat wisata
  7. Hindari kegiatan yang banyak orang
  8. Mengkonsumsi makanan bergizi
  9. Keluar rumah hanya untuk keperluan penting

Seiring dengan mewabahnya COVID19 di Indonesia. Masyarakat dihimbau untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mudah untuk mencegah penyebaran virus yakni dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun yang mengandung antiseptik.

Selain itu, jika terpaksa tidak ada akses air, kamu bisa menggantinya dengan hand sanitizer yang mengandung antiseptik. Sedangkan untuk benda mati, kamu bisa menggunakan disinfektan. Cairan disinfektan merupakan zat kimia yang digunakan untuk mensterilkan benda-benda dari pertumbuhan kuman dan bakteri.

CARA MEMBUAT DISINFEKTAN

  1. Persiapkan bahan sebagai berikut Air Bersih 1 Liter, Cairan Hipokrit (Byclin, Proklin, atau So Klin Pemutih) Alat semprot manual (Sprayer)
  2. Tuangkan 30Ml/2 sendok makan cairan Hipokrit kedalam 1 Liter air bersih lalu aduk.
  3. Semprotkan cairan disinfektan pada meja, lantai, kursi, gagang pintu, computer/laptop, remote, saklar lampu, toilet, westafel, dsb. Lalu diamkan selama 30 Menit
  4. Untuk di rumah cukup lakukan 1 Kali sehari, untuk fasilitas umum 3 Kali sehari
  5. Setelah melakukan penyemprotan lakukan cuci tangan dengan air bersih dan sabun, jauhkan dari jangkauan, anak – anak, hindari kontak dengan wajah

Namun, untuk efektivitas pembunuhan virus, bakteri, kuman penggunaan disinfektan harus setiap hari. Untuk tempat umum disarankan untuk frekuensi penyemprotan 3 x sehari.

__Terbit pada
Maret 24, 2020
__Kategori
Kepalangmerahan

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890