Status Siaga Darurat Diberlakukan di Provinsi Jambi tentang Surat Edaran Gubernur Jambi

Status Siaga Darurat Diberlakukan di Provinsi Jambi

Spread the love

Pmitebo.or.id, Tanggap Corona – Dilansir dari Akun Facebook Resmi Biro Humas dan Protoko Jambi (27/03/2020) memposting tentang Surat Edaran Gubernur Jambi. Surat dengan Nomor : 0960/SE/BPBD.2.III/2020, tertanggal 27 Maret tersebut tentang penyelenggaran ibadah dan pelaksaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid19.

Dalam edaran yang telah ditandatangani oleh Gubernur Jambi tersebut, diberlakukan siaga darurat selama 73 Hari terhitung sejak 18 Maret hingga 29 Mei 2020. Edaran tersebut bertujuan untuk pencegahan penyewaran Pandemi COVID-19 di Provinsi Jambi. berikut surat edaran terkait Status Siaga Darurat Diberlakukan di Provinsi Jambi

Edaran Gubernur Jambi

1. Menginstruksikan kepada seluruh umat muslim dan non muslim untuk dapat mendekatkan diri dan memperbanyak ibadah.

2. Masyarakat wilayah kabupaten/kota untuk tetap melakukan ikhtiar menjaga kesehatan dan menjauhi setiap hal yang diyakini dapat menyebabkan terpaparnya wabah covid-19.

3. Masyarakat provinsi Jambi dapat menyelenggarakan sholat Jum’at dan berjamaah di masjid dengan memperhatikan upaya pencegahan penyebaran covid-19, seperti memastikan kebersihan masjid, menyediakan perlengkapan cuci tangan, menggulung karpet setelah dipakai dan para jamaah untuk membawa perlengkapan sendiri, tidak melakukan kontak fisik dan bagi masyarakt non muslim untuk dapat meyesuaikan.

4. Masyarakat di wilayah kabupaten/kota untuk dapat menunda pelaksanaan perayaan keagamaan dan sejenisnya yang melibatkan orang banyak.

5. masyarakat untuk dapat meningkatkan kebersihan diri sendiri, rumah kediaman, rumah idabah dan fasilitas umum lainnya.

6. Bagi/orang yang kembali dari pelaksanaan kegiataan di lua rprovinsi Jambi diminta untuk menerapkan PROTOKOL ISOLASI MANDIRI selama 14 hari, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Selalu memakai masker dan membuang masker bekas ke tempat yang telah ditentukan.
  • Jika merasa sakit (gejala demam, flu dan batuk) diminta tetap di rumah atau segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.
  • Bekerja di rumah menggunakan ruangan sendiri.
  • Melakukan pengecekan suhu tubuh secara berkala harian.
  • Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
  • Selalu berada di ruang terbuka dan berjemur dibawah terik matahari antara jam 08.00 hingga 10.00 WIB (sekitar 30 hingga 60 menit).

Baca Juga : Bagi yang nekat mudik, pahami ini agar kita tidak dikira penyebar wabah atau terpapar wabah.

7. Dalam melaksanakan kebijakan pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota untuk dapat mempedomani Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 04 Tahun 2020.

8. Untuk pendidikan dasar dibawah kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota, agar menyesuaikan dengan edaran ini.

9. Tenaga Kesehatan Medis dan Tim Gugus untuk melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap pencegahan, penyebaran, Penanganan wabah COVID-19

10. Masa Siaga Darurat berlaku terhitung dari tanggal 18 Maret s.d 29 Mei 2020 (73 Hari).

Kondisi di Jambi

Sementara itu, perkembangan kondisi terkini (Jum’at, 27/03/2020, Pukul: 17.00 wib) data terkait Corona Virus Disease (Covid-19) di Provinsi Jambi yaitu terdapat 1011 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 22 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 1 Positif, 10 Negatif dan 7 masih dalam Uji Laboratorium.

Dilansir dari, Jambiekspress.co.id (27/03/2020) Juru Bicara Gugus COVID-19 Provinsi Jambi Johansah menuturkan terkait pendidikan di jambi, Ujian Nasional tahun 2020 dibatalkan untuk SMA/SMK Man dan SLB, termasuk Uji Kompetensi keahlian bagi siswa SMK.

“Dengan ini keikutsertaan UN tidak menjadi syarat kelulusan batau seleksi masuk jenjang pendkdikan yang lebih tinggi,” katanya.

Menyikapi Status Siaga Darurat Diberlakukan di Provinsi Jambi maka kita patuhi himbauan pemerintah untuk kebaikan bersama. Jangan panik dan jangan sebar berita HOAX atau hal – hal yang dapat mencegah COVID-19 tanpa ada uji medis yang baik dan benar.

__Terbit pada
Maret 28, 2020
__Kategori
Tanggap Corona

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890