Virus Corona bisa mati dengan air adalah salah

Virus Corona Bisa Mati Dengan Air Biasa, Benarkah?

Spread the love

Pmitebo.or.id, Story – Ditengah merebaknya kasus virus corona di Indonesia, tidak heran menjadi headline berita akhir – akhir ini. Kadangkala terdapat berita – berita yang belum tentu teruji kebenarannya atau masih simpang siur. Tentunya, dengan simpang siurnya pemberitaan dikhawatirkan akan meningkatkan kepanikan dan mempercepat penyebaran virus corona.

Disamping itu, masyarakat kurang menjadi ter edukasi bagaimana mencegahan yang baik dan benar. Pernah release berita dan menjadi viral bahwa virus corona bisa mati dengan air biasa. Namun, ternyata belumlah teruji kebenarannya. Dilansir dari situs resmi pemerintah melalui saluran Covid19(dot)go(dot)id menyatakan bahwa air biasa tidak dapat membunuh Virus. Untuk membunuh Virus Corona diperlukan sabun untuk mencuci tangan.

Oleh karena itu, lembaga kesehatan dunia mengeluarkan pedoman untuk mencuci tangan menggunakan air biasa dan sabun agar dapat membunuh virus. Tentunya, mencuci tangan dengan proses yang baik dan benar, atau pembersihan dengan alkohol secara berkala.

Menurut Vaksinolog

Secara terpisah, dilansir dari Detik (dot) com (02/02/2020) Vaksinolog dari OMNI Hospitals dr Dirga Sakti Rambe, SpPD menyatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa virus corona dapat mati dengan air biasa. Sedangkan, disinfektan yang dapat membunuhnya harus memiliki kandungan alkohol minimal 70%, klorin, proksida, hidrogen, dan kloroform. Virus ini juga mati pada pemanasan dengan suhu diatas 56 C selama 30 Menit.

Lembaga Kesehatan Dunia (WHO) juga merekomendasikan agar masyarakat dapat membersihkan permukaan perabotan rumah dengan cairan disinfektan seperti bangku, meja, lemari dan sebagainya. Sementara itu, Kementrian Kesehatan dan Palang Merah Indonesia (PMI) juga turut mensosialisasikan upaya pencegahan Corona (COVID-19).

Ditambahkan, Kementrian Kesehatan juga menghimbau agar masjid dan mushalla atau tempat peribadatan lainnya untuk dijaga kebersihannya dengan cara disemprotkan cairan disinfektan. Pelurusan berita yang simpang siur tentunya akan menambah edukasi di masyarakat. Untuk pernyataan seputar Virus Corona, masyarakat dapat menghubungi secara langsung hotline resmi yang disediakan oleh pemerintah atau mengakses di situs covid19(dot)go(dot)id.

Kesimpulan mengenai virus corona bisa mati dengan air biasa adalah salah dan belum teruji kebenarannya. Mari bijak untuk menyikapi dan tetap jaga kesehatan.

__Terbit pada
Maret 19, 2020
__Kategori
Cerita Relawan

Penulis: pmikabupatentebo

Tinggalkan Balasan

banner 72890